Komitmen Pemerintah KSB Membangun Pendidikan Tinggi

Seperti yang sudah diketahui, Kyai Zul – Mala Rahman adalah Kepala Daerah yang mempelopori kebijakan pendidikan gratis di Nusa Tenggara Barat
 Sejak tahun 2005 atau tahun pertama pemerintahannya, pendidikan gratis dari TK hingga perguruan tinggi diterapkan. Sedangkan Pemerintah Pusat saja pada tahun 2013 baru mencanangkan untuk pendidikan gratis sampai SMA. Untuk perguruan tinggi semua mahasiswa Kabupaten Sumbawa Barat disubsidi pada SPP nya 100% baik yang kuliah di luar KSB maupun di dalam KSB dan mahasiswa luar KSB yang menempuh study di KSB disubsidi pada SPP nya sebesar 50% dan Universitas Cordova Indonesia adalah kampus di KSB yang mahasiswanya 30% berasal dari Luar KSB.
Wisuda perdana dan Peringatan Milad IX Universitas Cordova Indonesia pada 1 Februari 2013 yang lalu telah meneguhkan bahwa kebijakan subsidi pendidikan oleh Pemkab Sumbawa Barat adalah suatu hal yang bermanfaat dan telah menghasilkan sarjana sebagai stock kader pembangun bangsamade in Sumbawa Barat. Sebab, Keberadaan Universitas Cordova Indonesia tidak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Universitas Cordova Indonesia akan menjadi energi pendorong dan pengungkit bagi kemajuan dan peneguhan perubahan Sumbawa Barat yang lebih baik. Itulah yang menjadi alasan dan dasar dialokasikannya APBD untuk mensubsidi pendidikan tinggi di KSB. Bukan hanya Universitas Cordova Indonesia, tapi juga untuk perguruan tinggi lainnya yang ada di KSB.
Keberpihakan APBD Sumbawa Barat dengan mengalokasikan anggaran pendidikan sampai lebih dari 20% memberikan pesan yang jelas bahwa visi pendidikan Sumbawa Barat adalah visi pendidikan untuk semua. Tidak boleh satu orang pun yang menjadi bodoh dan miskin karena tidak mampu mengenyam pendidikan. Maka tidak mengherankan jika upaya sejak 9 tahun yang lalu mendirikan dan mengembangkan Universitas Cordova Indonesia dan dengan dukungan yang serius dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menghasilkan sarjana made in Sumbawa Barat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.